Home » » manfaat kotoran sapi dan ayam

manfaat kotoran sapi dan ayam

Written By lisin_sintasya on Kamis, 21 Maret 2013 | 20.01



      banyak orang yang tidak memanfaatkan kototan sapi dan ayam yang di anggap tidak berguna, padahal di indonesia terutama di desa dan kampung banyak kotoran kotoran tersebut, yang berserakan di sungai,empang dan sawah, sebenarnya kotoran sapi banyak manfaatnya; seperti pakan ikan(pelet),pupuk kandang,BioGas.

kotoran sapi sebagai BioGas

kotoran sapi sebagai pupuk

          Kotoran sapi dan kotoran Ayam ternayata dapat juga dimanfaat untuk kepentingan Usaha Perikanan, terutama sebagai alternatif pengganti pelet, artinya kalau memang kita sulit dan terlalu berat untuk membeli pelet karena harganya yang terlalu lumayan tinggi, maka kotoran yang dimaksud dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan alternatif.
Selain sebagai pupuk, kotor sapi nyatanya bisa pula dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pakan ikan dan unggas. Yang satu ini boleh jadi belum banyak yang tahu, karena memang masih terbilang baru. Kotoran sapi yang digunakan tidak sembarangan, harus yang padat dan tidak berbau, kenapa demikian karena kalau tidak padat tidak bias mengapung dan kalau masih bau kotoran ikan tidak akan mau.
Untuk menghasilkan kotoran seperti itu, memang harus dilakukan perubahan sumber makanan. Sapi diberi pakan jerami yang telah dikeringkan selama satu minggu. Selain itu, diberi minum hanya dua kali sehari, masing-masing satu ember dengan campuran bakteri pengurai yang diambil dari rumen (perut besar sapi).
Bakteri pengurai itu bisa diambil dari rumen sapi yang telah mati dari rumah pemotongan atau dari sapi yang masih hidup. Untuk cara yang kedua ini, perut sapi dilubangi atau dibuatkan fistula.
Kotoran sapi itu kemudian dikeringkan dan dicampur dengan sumber nutrisi tambahan, seperti bekatul atau kulit ari beras, tetes tebu atau air kelapa, ikan asin, serta tepung tapioka.

Pakan ikan dari Kotoran sapi ini telah di lakukan pada usaha perikanan seperti ikan lele dan hasil nya ikan lele tersebut lebih cepat besar ketimbang ikan yang di beri pakan buatan pabrik. Jika menggunakan pakan produksi pabrik, membutuhkan waktu  paling tidak tiga hingga empat bulan. Kini hanya butuh dua bulan untuk mencapai panen.

Selain dapat di jadikan pakan ikan, kotoran sapi juga dapat di gabungkan dengan biogas.
 penyelamatan lingkungan akan lebih besar jika digabungkan dengan produksi biogas. Sebelum dijadikan pakan, kotoran sapi dimanfaatkan dulu sebagai sumber biogas.
Memang, kotoran sapi telah diketahui banyak mengandung gas metana yang ikut  menghasilkan efek rumah kaca. Menurut  lembaga  antariksa Amerika Serikat (AS) NASA, gas metana ini bahkan lebih aktif ketimbang karbon dioksida.
Jumlah gas metana di udara semakin meningkat dengan pertumbuhan industri peternakan. Badan perlindungan lingkungan AS, EPA, menyebutkan usaha peternakan menghasilkan 5,5 juta metrik ton metana per tahun atau mencapai  20% dari produksi metana Negara tersebut.
Kandungan nutrisi tidak akan berubah jika kotoran sapi dimanfaatkan dulu untuk biogas. Bahkan sebenarnya peternak bisa mendapat untung ganda karena sekaligus mendapatkan energi yang bisa dimanfaatkan untuk kompor ataupun penerangan serta dapat mencegah dampak buruk terhadap lingkungan.



     Demikian artikel manfaat kotoransapidan ayam, jamgan lupa like
semoga bisa di coba dan semoga sukses.nantikan artikel artikel pemanfaatan benda lain, tentunya menarik dong buat di coba,gratis kok. selamat mencoba sahabat Mobi.
terimakasih.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

trafick

Mengenai Saya

Foto saya
bagi kalian para pencinta blogger jangan lupa berbagi ya

entri populer

Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. mobi-web.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger